Order Cepat: 0857-8171-8161

Doa yang Ikhlas Akan Dikabulkan Oleh Allah

Rasulullah shallallahu alahi wa sallam bersabda,

Tiga orang sebelum kalian pergi menuju gua, mereka pun memasukinya. Namun, tiba-tiba tebing dari gua itu runtuh hingga batu-batunya menutupi gua tersebut. Mereka mengatakan, “Sesungguhnya tiada yang dapat menyelamatkan kita dari gua ini, kecuali berdoa kepada Allah swt untuk memohon dengan kebaikan amal kita.”

Seorang dari mereka berdoa, “Ya Allah, sesungguhnya aku memiliki dua orang yang sudah tua, tidak ada seorang pun yang memberikannya makan. Mereka tidak memiliki keluarga dan harta. Pada suatu hari ada seorang yang memberitahukan kabar kematian bagiku … atau sehari setelah itu. Aku tidak pergi bersamanya hingga keduanya tertidur, tetapi aku telah memerahkan susu untuk mereka meskipun mereka sudah tidur. Aku khawatir keduanya terbangun, kemudian aku menunggunya. Susu itu tetap aku pegang sambil anak-anakku menangis karena kehausan … di telapak kakiku …. Ketika keduanya bangun, aku memberikan susu itu kepada kedua orang tua itu.”

“Ya Allah, apabila aku melakukan itu karena mencari ridha-Mu, selamatkanlah kami dari goa ini.” Batu yang menutupi goa itu pun memecahkan sesuatu, kemudian mereka tetap tidak dapat keluar darinya.

Orang kedua berdoa, “Ya Allah, aku memiliki seorang sepupu perempuan yang sangat aku cintai, sebagaimana cintanya seorang lelaki terhadap perempuan. Ketika aku ingin berjumpa dengannya, ia menolak, hingga membuatku sakit hati selama satu tahun lamanya. Setelah dua tahun, ia mendatangiku karena memerlukan harta, aku pun bersedia memberinya seratus dua puluh dinar, dengan syarat ia mau berhubungan intim denganku. Ketika aku duduk di antara kedua kakinya, wanita itu berkata, “Jangan engkau ambil kehormatanku kecuali dengan menikah,” Mendengar hal itu, aku pun meninggalkannya, sehingga ia menjadi orang yang paling aku cintai, lalu aku memberikannya emas.”

“Ya, Allah apabila aku melakukan itu karena mencari ridha-Mu, selamatkanlah aku.” Tebing itu pun runtuh, namun mereka tetap tidak dapat keluar dari goa itu.

Orang ketika mengatakan, “Ya Allah, aku mempekerjakan beberapa orang. Aku telah berikan upah kepada mereka, kecuali satu orang yang aku tinggal pergi, upahnya telah berubah menjadi bentuk perdagangan. Harta orang itu pun menjadi lebih banyak dari upah sebenarnya. Kemudian ia datang kepadaku, dan berkata, “Wahai Abdullah, bayarkanlah upahku!” Ia berkata, “Wahai Abdullah jangan menghinaku.” Aku berkata, “Aku tidak menghinamu.” Aku ambilkan seluruh hartanya sehingga tidak tersisa sedikit pun. “Ya Allah, apabila aku melakukan itu karena mencari ridha-Mu maka selamatkanlah aku.” Tebing itu pun pecah, mereka pun dapat keluar dari gua itu. (HR. Bukhari dan Muslim)

Demikianlah peranan ikhlas dalam beramal yang bermanfaat bagi orang yang melakukannya. Karena doa dengan kebaikan amal adalah doa yang dikabulkan oleh-Nya.

***

(Dikutip dari buku Agar Doa Dikabulkan Allah terbitan Maghfirah Pustaka)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

FAN PAGES KAMI

ALAMAT KAMI

MAGHFIRAH PUSTAKA

Jl. Swadaya Raya,
Kavling DKI Blok J No. 18, RT 01/05
Jakarta Timur – 13440

: 021-86613563/72
: 021-86608593
: marketing@maghfirahpustaka.com

PETA LOKASI

Copyright 2017 Maghfirah Pustaka