Order Cepat: 0857-8171-8161

Kepedulian Umar Agar Iyasy Tidak Murtad

Ada kisah hijrah yang menarik dari Umar bin Khaththab, kisah yang menjelaskan kepedulian dan rasa cinta di jalan Allah shallallahu alahi wasallam. Ketika Umar hendak berangkat hijrah, Umar berjanji kepada Iyasy bin Abi Rabiah dan Hisyam bin al-Ash bin Wail as-Sahmi untuk bertemu di sebuah pohon yang berada di at-Tanadhub, di Lembah Sarif. Kami sepakat apabila esok pagi di antara kami belum tiba di sana, berarti ia telah tertahan, dan hendaknya ia meninggalkan keduanya.

Esok paginya, Umar dan Iyasy tiba di lokasi, sementara Hisyam tertahan oleh orang-orang Quraisy. Mereka pun berangkat menuju Madinah. Sesampainya di daerah Quba, Amr bin Hisyam (Abu Jahal) dan Harits bin Hisyam menyusul menemui Iyasy. Mereka masih memiliki ikatan persaudaraan dari ibu mereka. Mereka mengatakan kepada Iyasy perihal ibunya yang amat menginginkan bertemu dengannya, “Ibumu telah bersumpah tidak akan menyisir rambutnya dan tidak akan berteduh dari terik panas matahari sampai dia bertemu denganmu.”

Iyasy yang amat mencintai ibunya, tak kuasa menahan rasa sedih. Umar berkata, “Wahai Iyasy, mereka hanya menginginkan agar engkau murtad dari agamamu. Tinggalkanlah mereka!” “Aku menembus sumpah ibuku. Aku masih punya harta di sana (Makkah) dan aku akan mengambilnya,” jawab Iyasy.

Umar berkata lagi, “Demi Allah, bukanlah engkau tahu kalau aku ini orang Quraisy yang paling berlimpah hartanya. Aku akan berikan separuh dari hartaku asal engkau tidak ikut mereka.” Akan tetapi, Iyasy menolak dan tetap ikut dengan Abu Jahal dan Harits bin Hisyam. Umar akhirnya tak bisa memaksa Iyasy seraya berkata, “Ambillah unta ini dan gunakanlah. Apabila engkau lihat ada perbuatan mencurigakan dari mereka, selamatkanlah dirimu dengan unta ini.”

Inilah bukti cinta Umar terhadap saudara Muslimnya. Ia khawatir jika saudara Muslimnya menjadi murtad akibat bujuk rayu kaum kafir Quraisy. Ia rela membagi harta miliknya sebagaimana ia rela mengorbankan jiwanya untuk membela mereka.

***

Dikutip dari buku Umar bin Khaththab terbitan Maghfirah Pustaka

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

FAN PAGES KAMI

ALAMAT KAMI

MAGHFIRAH PUSTAKA

Jl. Swadaya Raya,
Kavling DKI Blok J No. 18, RT 01/05
Jakarta Timur – 13440

: 021-86613563/72
: 021-86608593
: info @ maghfirahpustaka.id

PETA LOKASI

Copyright 2017 Maghfirah Pustaka