Order Cepat: 0857-8171-8161

Senjata Rahasia Umat Muslim dalam Melawan Kekafiran

Sa’ad bin Abi Waqqash diutus oleh Umar bin Khaththtab untuk menjadi panglima perang atas peperangan di Irak. Ketika Sa’ad hendak berangkat menuju Qadisiyah, Umar memberikan surat wasiat kepadanya.

Surat itu bukan hanya berisi perintah, melainkan juga nasihat dan sebuah penekanan tentang senjata rahasia umat Muslim agar bisa memenangkan peperangan melawan orang-orang kafir. Begini ini suratnya:

Sesungguhnya aku memerintahkanmu beserta orang-orang yang bersamamu untuk bertaqwa kepada Allah setiap saat. Karena itu adalah senjata paling utama dan paling kuat dalam menghalangi musuh. Waspadalah terhadap perbuatan maksiat melebihi kewaspadaan engkau terhadap musuh. Oleh karena itu, dosa yang akan kalian lakukan lebih aku khawatirkan daripada musuh yang akan menyerangmu.

Sesungguhnya pasukan Muslim ditolong karena perbuatan maksiat musuh. Seandainya tidak, maka kekuatan kita tidak akan dapat menandingi kekuatan mereka. Jika kita dan musuh sama-sama melakukan maksiat maka tentu mereka lebih memiliki kekuatan dibandingkan kita. Dengan demikian, kita tidak dapat mengalahkan mereka dengan kekuatan dan keutamaan kita.

Ketahuilah bahwa para malaikat selalu mengawasi dalam tiap perjalanan kalian. Mereka mengetahui apa yang kalian lakukan. Oleh karena itu, merasa malulah kalian kepada mereka jika berbuat maksiat. Janganlah berbuat maksiat saat sedang berjuang di jalan Allah. Janganlah kalian merasa bahwa musuh lebih buruk dari kalian. Allah tidak akan memberikan kekuasaan kepada kita jika kita berbuat keburukan.

Mohonlah kepada Allah untuk dapat mengalahkan musuh. Mohonlah pertolongan untuk kita dan kalian. Berkasihsayanglah kamu dalam memerintah pasukanmu untuk melakukan perjalanan. Janganlah memerintah mereka untuk melakukan perjalanan yang melelahkan jika sudah bertemu dengan musuh. Hal ini dilakukan agar tidak menguras tenaga.

Allah adalah Penolongmu dan orang-orang yang bersamamu. Dialah Dzat yang memberikan kemenangan kepada kalian dalam medan pertempuran.

***

Disadur dari buku the Golden Story of Umar bin Khaththab terbitan Maghfirah Pustaka

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

FAN PAGES KAMI

ALAMAT KAMI

MAGHFIRAH PUSTAKA

Jl. Swadaya Raya,
Kavling DKI Blok J No. 18, RT 01/05
Jakarta Timur – 13440

: 021-86613563/72
: 021-86608593
: info @ maghfirahpustaka.id

PETA LOKASI

Copyright 2017 Maghfirah Pustaka