Order Cepat: 0857-8171-8161

Berbagi Inspirasi Bersama Kika dan Laron

Al-Qur'an Inspired Stories Kika & Laron

Setelah mengupas surah al-Ghaasyiyah pada seri sebelumnya, kini penulis Dyah Utami kembali mengisahkan keseharian Kika yang penuh inspirasi. Berlatar belakang surah al-Qaariaah, Kika diceritakan sedang berlibur ke rumah neneknya. Di sana ia berpetualang bersama Kak Koro dan kedua temannya menaiki bukit.

Di puncak bukit, Koro berkata, “Kika, coba pakai teropong ini!”

Kika mulai meneropong, “Masya Allah, aku bisa lihat nenek di bawah sana.”

“Pinjam dong,” Kata Ria sambil merebut teropong.

“Sabar, ya, bergantian.” Kata Koro. (Halaman 7) 

Selain itu, Kika juga ikut mengaji dengan Pak Imam. Cara mengajarnya Pak Imam asyik, lho. Awalnya Kika dan teman-temannya dijelaskan tentang laron, hewan kecil bersayap yang suka sekali dengan cahaya. Selanjutnya, mereka diajak bermain kejar-kejaran. Wih seruuu! Kika dan teman-temannya menjadi laron, sedangkan Pak Imam menjadi cahaya yang terus bergerak. Tapi, apa hubungannya ya antara laron dengan belajar mengaji?

Nah, lagi-lagi Dyah Utami memperlihatkan kepiawaiannya dalam menuangkan ide. Pemikiran anak-anak yang masih polos dan penuh imajinasi memang tidak seperti orang dewasa. Daya tangkap dan nalarnya pun masih perlu kita arahkan agar si anak tidak salah presepsi. Saya suka bagian ketika Pak Imam mengajak anak-anak bermain karena setelah permainan selesai, Pak Imam akhirnya menjelaskan inti dari permainan tersebut. Pada Hari Kiamat seluruh manusia akan beterbangan seperti laron. Ini ada dalam surah al-Qaariaah, lho. Ih, seramnyaaa …

Kika dan anak-anak lain tercengang. “Ceritanya seram, Pak,” ujar Mala dengan wajah takut.

“Hari Kiamat memang menakutkan. Tapi, orang yang beriman akan diselamatkan Allah dari bencana hari Kiamat,” jelas Pak Imam. (Halaman 16)

Oh, iya pada bagian akhir buku, penulis juga tidak lupa menyediakan satu lembar khusus surah al-Qariaah. Gunanya agar anak-anak bisa membaca sembari menghapalkan surah tersebut secara lengkap. Lembar surah tersebut juga masih full colour jadi anak tidak akan bosan dan tetap semangat untuk menghapalnya.Tapi berkat gaya bahasa yang apik, serta ilustrasi yang menarik, kisah yang dianggap seram pun bisa menjadi kisah yang inspiratif. Sehingga orang tua tidak perlu khawatir membuat anak ketakutan dengan cerita-cerita Hari Kiamat.

Lagi-lagi, membaca serial Kika mengantarkan kita kepada satu kesimpulan … bagaimana caranya membuat si kecil menjadi anak yang senantiasa berbuat baik dan merindukan surga.

Judul Buku  : Al-Qur’an Inspired Stories: Kika dan Laron

Kategori           : Fiksi

Penerbit           : Maghfirah Kids

Penulis             : Dyah Utami Aryanti

Tebal buku      : 24 halaman

Cetakan            : Pertama, Maret 2017

 

****

(Peresensi: Nila Fauziyah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

FAN PAGES KAMI

ALAMAT KAMI

MAGHFIRAH PUSTAKA

Jl. Swadaya Raya,
Kavling DKI Blok J No. 18, RT 01/05
Jakarta Timur - 13440

: 021-86613563/72
: 021-86608593
: info @ maghfirahpustaka.id

PETA LOKASI

Copyright 2017 Maghfirah Pustaka