Ternyata Orang Yang Sudah Wafat Mengetahui Perbuatan Keluarganya Yang Masih Hidup

Setelah Abdullah bin Rawahah mati syahid dalam Perang Mu’tah, Abu ad-Darda’ kerap berdoa, “Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari melakukan perbuatan hina yang (dosanya) dapat menimpa Abdullah bin Rawahah, anak pamanku.”

Mendengar doa demikian, istrinya bertanya dengan penuh keheranan, “Apakah dia mengetahui perbuatanmu?”

Abu ad-Darda’ menjawab, “Sesungguhnya orang yang wafat akan terhina akibat perbuatan (dosa) orang yang masih hidup.”

Abu ad-Darda’ menjawab demikian setelah mendengar penuturan Rawahah bin Abdullah bin Rawahah. Dia menuturkan, “Setiap melakukan kebaikan, aku melihat dalam mimpiku ayahku tersenyum. Dalam mimpi ayahku berkata, ‘Semoga Allah membalasmu dengan kebaikan. Engkau telah memuliakanku di antara para penghuni kubur.’ Ketika aku terjerumus melakukan perbuatan aib, aku melihat ayahku menggigit jari-jarinya, sembari berkata, ‘Engkau telah membuatku sedih, anakku. Jangan kau ulangi lagi, karena aku tidak mampu (karena malu) bertemu dengan para penghuni kubur.’”

Kisah Sahabat Nabi Muhammad itu bersesuaian dengan  sebuah Sabda Nabi  yang diriwayatkan Imam at-Tirmidzi, “Amal-amal itu diperlihatkan kepada Allah  pada hari Senin dan Kamis. Dan diperlihatkan kepada bapak-bapak (kalian) dan ibu-ibu (kalian) pada hari Jum’at. Maka mereka bergembira atas kebaikan-kebaikan orang-orang yang ditinggalkan (masih hidup), dan wajah mereka semakin putih berseri. Oleh karena itu, bertakwalah kalian kepada Allah, wahai hamba-hamba Allah. Janganlah kamu sakiti keluargamu yang telah mati dengan perbuatan-perbuatanmu (yang buruk).”

Sahabat Maghfirah Pustaka, mari kita gembirakan orangtua atau saudara-saudara kita yang sudah wafat dengan amal shalih kita. Jangan jadikan mereka bersedih dengan perbuatan buruk kita. (Saiful Hamiwanto)

Sumber:

  1. Dr. ‘Umar ‘Abdul Kafi, 2016, Al-Wa’dul Haq, Perjalanan Terakhir Anda yang Pasti Terjadi, Maghfirah Pustaka, Jakarta.
  2. Ibnu Qayyim Al-Jauziyah, 2001, Roh, Pustaka Al-Kautsar, Jakarta.
  3. Https://www.detik.com/hikmah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

FAN PAGES

ALAMAT

CV MAGHFIRAH PUSTAKA

Rukan Mitra Matraman A1-26 Jalan Matraman Raya No. 148,
Desa/Kelurahan Kebon Manggis, Kec. Matraman, Kota Adm, Jakarta Timur 13150, DKI Jakarta

 

: +628111611010
 : 021-86608593
: marketing@maghfirahpustaka.com

PETA LOKASI

Copyright 2020 Maghfirah Pustaka