Order Cepat: 0857-8171-8161

Pahala Tanpa Batas

Allah berfirman tentang pahala yang tanpa batas untuk hamba-Nya yang sabar:

“Sesungguhnya hanya orang –orang yang bersabarlah yang dicukupkan pahala mereka tanpa batas.” (QS. Az-Zumar: 10)

Pada kitab “Nashaihul Ibaad”, karya Imam Nawawi Al-Bantani, terdapat penjelasan Rasulullah saw tentang surat tersebut. Sabda beliau:

Pada hari kiamat kelak, mizan (timbangan amal) akan diletakkan, kemudian:
1. Didatangkan para ahlu shalat (pelaku shalat) sehingga dengan mizan itu pahala mereka diberikan secara sempurna.
2. Didatangkan para ahlu shadaqah (pelaku sedekah) sehingga dengan mizan itu pahala mereka diberikan secara sempurna.
3. Didatangkan para ahlu shiyam (pelaku puasa) sehingga dengan mizan itu pahala mereka diberikan secara sempurna.
4. Didatangkan ‘ahlu mushibah (orang-orang yang ketika di dunia sabar menghadapi musibah) sehingga dengan mizan itu pahala mereka diberikan secara sempurna, namun ternyata amal mereka tidak ditimbang dan catatan amal mereka juga tidak diperiksa. Mereka diberi pahala tanpa batas, sehingga ‘ahlu al ‘afiah (orang yang ketika di dunia jarang mendapat musibah), menginginkan mendapat kedudukan yang sama dengan ‘ahlu mushibah karena begitu banyaknya pahala dari Allah Ta’ala.

Rasulullah Saw juga bersabda, ”Zuhud di dunia itu bukanlah engkau mengharamkan yang halal, dan bukan pula engkau menyia-nyiakan harta. Zuhud itu adalah engkau tidak menggantungkan diri kepada sesuatu pun yang ada pada dirimu, namun engkau lebih yakin pada apa yang ada di sisi Allah Ta’ala. Dan engkau lebih senang menerima musibah, sekalipun musibah itu menimpa sepanjang hidupmu di dunia.”

Senada dengan itu, Rasulullah Saw bersabda, ”Bukanlah kezuhudan di dunia ini dengan mengharamkan yang halal, dan bukan pula dengan menghilangkan harta kekayaan, tetapi zuhud di dunia ini adalah bahwa dengan apa yang ada di tanganmu sendiri engkau menjadi semakin percaya kepada Allah. Dan apabila musibah (malapetaka) menimpa diri, niscaya engkau lebih senang karena mendapat pahala dari Allah Swt, daripada musibah itu terhindar dari padamu.”(HR. Tirmidzi dan Ibnu Majah dari Abi Dzar).

 

Penulis: Abu Faza

FAN PAGES KAMI

ALAMAT KAMI

MAGHFIRAH PUSTAKA

Jl. Swadaya Raya,
Kavling DKI Blok J No. 18, RT 01/05
Jakarta Timur - 13440

: 021-86613563/72
: 021-86608593
: info @ maghfirahpustaka.id

PETA LOKASI

Copyright 2017 Maghfirah Pustaka