Order Cepat: 0857-8171-8161

Bolehkah Kata “dan” Ditulis di Awal Kalimat?

Bolehkah kata “dan” ditulis di awal kalimat?

Kalau kalian menjawab dengan ragu-ragu, kemungkinan besar selama ini kalian masih sering melakukannya, yaitu menggunakan kata “dan” di awal kalimat. Contohnya seperti ini:

Padahal semua orang bisa langsung melihat niat jelek Andy kepada Mia, tapi gadis itu sama sekali tidak mau mendengarkan pendapat orang lain. Dan dia dengan polosnya mengatakan bahwa Andy adalah sosok yang penyayang.

Jadi, kata “dan” memiliki fungsi sebagai kata penghubung. Kata “dan” menghubungkan antara dua kata, frasa, klausa, dan kalimat yang memiliki makna setara. Bukan untuk ditaruh di awal kalimat. Oleh karena itu, contoh di atas salah ya, teman-teman.

Contoh yang benar seperti ini:

“Aku benar-benar merasa bersalah dan tidak enak kepadanya,” bisik Bela.

Kata bersalah dan tidak enak memiliki makna yang setara.

Tapi sayangnya, masih banyak penulis pemula yang kerap melakukan kesalahan ini. Bahkan penulis-penulis yang bukunya sudah mejeng di toko buku pun masih suka “khilaf”. Alasannya,  karena penggunaan “dan” di awal kalimat terasa lebih enak saat dibaca.

Padahal dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) sudah dijelaskan lho, penggunaan kata “dan” hanya sebagai kata penghubung, bukan untuk yang lain.

Lalu, bagaimana kalau kita mau mengutip tulisan yang berasal dari bahasa Arab, khususnya ayat-ayat al-Qur’an yang notabene banyak dari kalimatnya diawali dengan kata “wa”, yang artinya “dan”?

Dan tidakkah mereka melihat bahwa Kami telah menciptakan hewan ternak untuk mereka, yaitu sebagian dari apa yang telah Kami ciptakan dengan kekuasaan Kami, lalu mereka menguasainya? (Yasin [36]: 71)

Bagaimana ya?

Jangan diubah! Biarkan saja. Kalimat-kalimat terjemahan al-Qur’an menjadi pengecualian, karena kita tentu tidak boleh dong mengubah isi dari al-Qur’an, termasuk susunan kalimatnya.

Semoga bisa dipahami ya!

***

(Penulis: Nila Fauziyah)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

FAN PAGES KAMI

ALAMAT KAMI

MAGHFIRAH PUSTAKA

Jl. Swadaya Raya,
Kavling DKI Blok J No. 18, RT 01/05
Jakarta Timur – 13440

: 021-86613563/72
: 021-86608593
: marketing@maghfirahpustaka.com

PETA LOKASI

Copyright 2017 Maghfirah Pustaka